Usaha Risa Cake dan Snack

Nasional195 Dilihat

Penulis: Kintan YuliyanRikmaratri

Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Pembimbing: Putri Dwi Cahyani, S.E, M.E.I

Bisnis cake dan bakery merupakan salah satu dari berbagai jenis yang banyak diminati. Banyak sekali bisnis-bisnis cake dan bakery tersebar di wilayah Jogjakarta, bahkan di seluruh Indonesia. Hal yang membuat bisnis cake dan bakery potensial karena semua orang menyukai kue dan makanan manis. Pada tanggal 6 November 2022, Kintan Yuliyan Rikmaratri dan Yashinta Putri mahasiswa dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa melakukan kegiatan observasi dengan salah satu usaha mikro kecil menenggah (UMKM) di daerah Yogyakarta.

Usaha Risa Cake milik ibu Deandra De Risa Psychelia Giri yang beralamat di Jalan Nogopuro nomor 13 Gowok, Caturtunggal Depok Sleman, tepatnya berada di sebelah selatan Lippo
Plaza Jogjakarta yang berdiri sejak 2017, namun sebelumnya usahanya diberi nama Cecilia Patisserie. Kemudian berganti nama karena nama sebelumnya dianggap sulit dikenalkan pada masyarakat.

Beliau mendirikan UMKM ini karena memang kecintaannya terhadap memasak, sejak SMA
beliau sudah membuat kue dan dilanjutkan menempuh pendidikan tata boga di UNY. Omset dari usaha Risa cake bisa mencapai jutaan rupiah. Pada awalnya Risa cake berfokus pada usaha cake hantaran. Kemudian berkembang tidak hanya berkembang pada cake saja tetapi juga pada snack.

Produk yang di pasarkan mulai dari cake, kue ulang tahun, donat, dll. Pembuatan produk di Risa cake sudah dilakukan secara modern. Menggunkan barang-barang yang baik, dan dalam pengerjaanya para karyawan pun sangat menjaga kebersihan.

Risa cake dan snack memiliki perbedaan dibandingkan dengan usaha cake lainya yaitu
lebih mengedepankan kualitas serta menggunakan bahan- bahan alami sehingga lebih aman dikonsumsi,
dan banyak pilihan menu sehingga dapat menargetkan pasar luas mulai dari muda hingga tua.

Selain menjaga kualitas produknya Risa cake juga mempermudah masayarakat baik dalam
pelayanan, ongkos kirim, pengiriman, dan kemudahan transaksi karena sudah bekerjasama dengan market place dalam e-katalog pemerintah.

Selain menjaga kualitas produk Risa Cake juga mendesain logo produk yang menarik dengan warna hijau yang melambangkan alami atau natural. Dan warna kuning yang melambangkan keceriaan. Risa Cake juga memiliki take line “ teman di setiap saat” jadi Risa Cake diharapkan dapat menjadi teman di setiap acara apapun.

Strategi kapasitas yang digunakan oleh UMKM Risa Cake yaitu menyesuaikan dengan permintaan musiman. Karena owner meramalkan permintaan sesuai dengan adanya event, hajatan, pengajian dan lain-lain. hasil observasi Risa Cake sudah mendaftarkan produk tersebut pada shopee, marketplace, dan grabfood. Untuk tata letak atau lay out di Risa Cake sudah baik karena sangat terstruktur yaitu dibagi tiga departemen. Untuk departemen pertama yaitu departemen store, area untuk jualan dan display produk. Departemen kedua yaitu departemen roti bagian ini masuk bagian prosuksi khusus untuk produksi roti manis dan roti tawar. Yang ketiga ada departemen cake dan snack, khusus untuk produksi aneka cake seperti chiffon, bolu-bolu, dan aneka snack seperti sus buah, atau risol dan lain-lain.

Untuk dapur dibagi menjadi beberapa area kerja, area cuci ada 2 gudang yaitu gudang alat dan gudang bahan. Pada penataan alat produksi sudah disesuaikan dengan kebutuhan setiap departemen.
Dalam desain sistem kerja UMKM ini sudah menggunakan SOP jadi sudah menggunakan standar operasional procedur job desk masing-masing selain itu juga sesuai dengan area kerja masing-masing.

Selain itu karyawan memiliki beberapa aturan umum, setiap pekerja yang masuk akan di training terlebih dahulu supaya dapat bekerja sesuai SOP. Saat ini di UMKM Risa Cake sudah ada 13 karyawan. Owner dari Risa Cake mengatakan biaya gaji yang dikeluarkan untuk mengaji para karyawanya keseluruhan rata-rata 25-26 juta setiap bulan.

Job desk pada bagian departemen store ada kasir, senior kasir dan supervisor. Bagian kasir terdapat kasir dan senior kasir yang bertugas untuk membantu tansaksi dan pelayanan toko selain itu juga display barang dan mengelola administrasi toko.

Bagian dapur departemen roti dan dan cake hampir sama terdiri dari leader, Pastry chef sebagai pengkoordinir bagian dapur sebagai penghitung stock dan memperkirakan berapa banyak harus memproduksi. Baker tugasnya berfokus pada pembutan roti. Helper bertugas untuk membantu baker dalam mempersiapkan segala sesuatu yang akan dibutuhkan seperti menimbang banyak nya bahan baku atau finishing. Dan steapwerd tugasnya yaitu bagian bersih-bersih seperti mencuci loyang dan lain-lain. Untuk bagian gudang ada where of sceaper sebagain pengelola gudang. Pada bagian page office terdapat accounting dan marketing. Owner juga mengatakan bahwa beliau juga merangkap beberapa pekerajaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *