UMKM BATIK DHINANTY BANTUL, YOGYAKARTA

Nasional179 Dilihat

Penulis: Alfirda Lutfi Murtadha

Manajemen, FE, UST

Pembimbing: Putri Dwi Cahyani, S.E, M.E.I

Usaha Batik Dhinanty terletak di Jalan. Pajangan, Jetis, Sendangsari, Jetis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751.

Dari kunjungan pemilik usaha menjelaskan,”Memilih lokasi etak berdekatan dengan rumah produksi, untuk memudahkan dalam proses produksi. UMKM ini terletak di dekat Jalan Pajangan desa Sendangsari yang memiliki akses mudah dicari oleh konsumen alamatnya juga sudah akurat jika mencari pada google maps.Namun Batik Dhinanty memiliki banyaknya pesaing.

Usaha Batik Dhinanty sudah menerapkan service quality yang baik. Dari mulai waktu tunggu pelanggan selesai tepat waktu, kelengkapan sudah sesuai permintaan, karyawan melayani dengan sabar dan tidak membeda – bedakan pelanggan, pada saat pembelian produk tidak mengalami kesulitan dalam bertransaksi, dilakukan secara cepat dan tepat, bila terdapat kecacatan dalam produk bisa ditukar dan respon cepat tanggap terhadap complain yang diberikan.

Untuk memenuhi pasokan rumah produksi, batik ini membeli kain batik di toko Hasen. Ibu Nani membeli kain batik sesuai dengan kebutuhan, jika banyak pesanan baru ibu Nani membeli dengan jumlah yang banyak. Strategi yang digunakan para rumah produksi ini menggunakan sedikit pemasok, karena Ibu Nani hanya membli pasokan kainnya dari 1 toko saja. Selain menjual kain batik tulis, Batik Dhinanty juga menjual pakain jadi.

Bekerja sama dengan penjahit yang merupakan tetangga Ibu Nany. Pada rumah produksi, hanya memiliki sedikit stok karena biasanya pembeli akan memesan kain dengan desain sesuai yang di inginkan. Dan hanya terdapat beberapa baju jadi yang tersedia. Jika ada pemesanan yang mendadak Ibu Nany hanya melayani pembelian maksimal 3 produk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *