UMKM Gamelan Kuningan Daliyo Legiyono

Nasional129 Dilihat

Penulis : Afisa Nur Maulidha.

Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Pembimbing: Putri Dwi Cahyani, S.E, M.E.I

Usaha Gamelan Kuningan Daliyo Legiyono sebuah unit usaha mikro, kecil dan menengah didirikan oleh Daliyo Legiyono yang terletak di Pelem Lor RT 03 RW 01 Baturetno, Banguntapan, Bantul.

Usaha Gamelan Kuningan Daliyo Legiyono ini berdiri sejak tahun 1954 silam. Usaha ini bergerak dalam bidang produksi dan penjualan gamelan. Bahan baku utama yang digunakan kuningan dan besi. Sementara untuk harga jual setiap 1 set untuk satu gamelan kuningan utuh dijual berkisar Rp200.000.000,- ( dua ratus juta rupiah) dan yang dari plat besi mulai Rp60.000.000,- (enam puluh juta rupiah) Omset bersih usaha ini menurut hasil wawancara dengan pemiliknya berkisar Rp. 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah) sampai dengan Rp100.000.000,- (seratus juta rupiah).

Dalam memproduksi Gamelan tersebut dibantu dengan 20 karyawan yang memiliki job desk sesuai tugas masing-masing. Untuk gaji karyawan ditentukan sesuai bagian yang dikerjakan kalau bagian mendesain gamlean diberikan gaji Rp. 100.000,-(seratus ribu rupiah) /hari dan gaji karyawan dalam pengecetan sebesar Rp 70.000,- (tujuh puluh ribu rupiah)/hari.

Usaha ini dalam menerapkan tata letak atau layout produksi terlihat sudah baik, hal ini terlihat dari proses produksi awal hingga akhir atau proses akhir dikerjakan orang yang berbeda-berbeda dan tempatnya juga tidak bercampur dengan proses produksi lainnya.

Pada proses pemotongan plat besi dan pencetakannya dilakukan diluar ruangkan sedangkan bagian perwarnaan letaknya didalam ruangan.

Dalam menerapkan strategi proses produksi menggunakan bahan baku yang berkualitas serta dikerjakan tenaga ahli yang professional. Pada bahan baku plat besi atau kuningan yang digunakan adalah plat besi yang tidak mudah berkarat jika terkena air, sedangkan bagian penyanggah Gamelan digunakan jenis kayu Jati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *