CSR PT. Pertamina EP Pendopo Field dan Penanaman Pohon Pinang Bersama

Daerah102 Dilihat

Mura – Jurnalissilampari.Com-Wakil Bupati Musi Rawas Hj. Suwarti membuka Kegiatan Pelatihan Pengolahan Pelepah Pinang Menjadi Wadah Ramah Lingkungan 

(Reusable Plate) Program CSR PT. Pertamina EP Pendopo Field dan Penanaman Pohon Pinang Bersama Implementasi Program Gerakan Lestarikan Alam melalui Konservasi Pinang (Gemilang), di Balai Desa Suka Karya Kecamatan STL Ulu Terawas, Selasa (12/9/2023). 

Wakil Bupati Musi Rawas memberikan apresiasi kepada Pertamina dan Desa Suka Karya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Pemerintah Kabupaten Musi Rawas terus berupaya mendorong UMKM untuk terus berinovasi melalui pelatihan pengolahan pelepah pinang menjadi wadah ramah lingkungan. 

Pelatihan ini juga sebagai upaya inovasi untuk menggerakkan UMKM di Kabupaten Musi Rawas. 

“Seperti kita ketahui, potensi pohon pinang cukup besar, sementara pelepah pinang bisa diolah menjadi wadah yang ramah lingkungan”, kata Wabup. 

Beliau mengharapkan para peserta pelatihan dapat serius mengikuti pelatihan ini dan mengambil ilmu yang diberikan para narasumber. 

“Gali ilmu sebanyak-banyak agar kita dapat berkreasi dan berinovasi dan menjadikan pinang ini ciri khas dari Desa Suka Karya”, ujarnya. 

Lebih lanjut, Wabup juga mengapresiasi Penanaman Pohon Pinang Bersama Implementasi Program Gemilang. Aksi tanam pinang ini dalam rangka melestarikan sekaligus membudidayakan tanaman pinang, sehingga tanaman langka seperti pinang ini tidak punah di alam bebas.

“Saya berharap dengan penanaman pohon pinang bersama ini bisa meningkatkan populasi pinang di Kabupaten Musi Rawas dan memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa pinang mudah dibudidayakan”, tutupnya. 

Turut hadir Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Sekretaris Dinas Perkebunan, Camat STL Ulu Terawas, CSR Staff Pertamina, Kepala Desa Suka Karya, PKK Desa Suka Karya, Kelompok Wanita Tani Melati.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *