Wawako Buka Rakerwil dan Seminar Nasional Optimalisasi Potensi Sumber Daya Perikanan 

Daerah114 Dilihat

LUBUKLINGGAU-(Jurnalissilampari.com)-H Sulaiman Kohar membuka kegiatan rapat kerja wilayah (Rakerwil) l dan seminar nasional yang diinisiasi Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI) wilayah l, bertempat di Auditorium Lantai 5 Bukit Sulap Perkantoran Wali Kota Lubuklinggau, Jumat (10/2/2023).

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Optimalisasi potensi pemberdayaan lingkungan untuk mewujudkan kelestarian sumber daya perikanan di era global’.  

Dalam sambutannya, H Sulaiman Kohar mengatakan atas nama Pemkot Lubuklinggau dan pribadi memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada HIMAPIKANI atas terselenggaranya kegiatan ini.

Menurut Wawako, generasi muda harus dibekali dengan kemandirian, wawasan yang luas dalam berfikir serta cara pandang dan kemapuan dalam menghadapi persoalan sekecil apapun dengan mengedepankan intelektualitas.

“Kegiatan seperti ini dapat mewujudkan motivasi, dorongan kepada generasi muda, meningkatkan semangat bersama untuk memperdaya lingkungan secara optimal guna mewujudkan kelestarian lingkungan sesuai dengan tema kegiatan,” ujarnya.

Dirinya berharap, melalui Rakerwil ini dapat menghasilkan program kerja unggulan yang nantinya mampun menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungan mahasiswa perikanan. 

Disampaikan pula, budidaya ikan sangat memengaruhi inflasi dan stunting dimana apabila ikan langka akan meningkatkan inflasi sedang masalah sunting berkaitan dengan gizi anak karena dengan mengkonsumsi ikan masalah stunting dapat teratasi.

“Manfaatkan potensi pekarangan rumah untuk budidaya ikan. Selain mendapat penghasilan, juga dapat dikonsumsi sendiri,” tandasnya. 

“Pola pikir mahasiswa harus berubah, jangan sibuk untuk mencari kerja atau menjadi pegawai. Mahasiswa harus berfikir menjadi pengusaha terkhusus mahasiswa perikanan dengan membudidayakan ikan karena menjadi pengusaha dapat lebih menghasilkan dalam segi ekonomi dan dapat membuka lapangan kerja,” tambahnya.

Rektor Bina Insan Lubuklinggau, Dr H Sardiyo, MM dalam kesempatan tersebut, mengucapkan terima kasih atas support Pemkot Lubuklinggau kepada Universitas Bina Insan. 

“Pendidikan adalah tulang punggung negara, saya sangat mendukung program pemerintah apalagi mengenai program peningkatan SDM,” tukasnya.  

Sementara dalam laporannya, Ketua Panitia Liya Agustin mengatakan melalui Rakerwil ini diharapkan 

perikanan di Kota Lubuklinggau semakin maju, tidak punya laut namun Lubuklinggau memiliki budidaya ikan yang sudah terkenal di Provinsi Sumsel. 

Sedangkan pemateri diisi oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan IPB, Prof Dr Ir Ferdinan Yulianda, MSc, Kepala Sub Bagian Umum BPBAT Jambi Direktoral Jenderal Perikan Budidaya, Ma’In, S.Pi., M.Si dan Kepala Dinas Perikanan Kota Lubuklinggau, Dedi Yansyah.

Acara pembukaan juga dihadiri Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kahlan Bahar, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Herdawan, Kepala Diskominfotiksan, M Johan Iman Sitepu dan Kepala DLH, Subandio Amin.(red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *