Bupati Mura Buka Workshop Meningkatkan Produktivitas dan Ekonomi Desa

Daerah159 Dilihat

Mura Rawas – (Jurnalissilampari.com)-Bupati Hj. Ratna Machmud hadir dan membuka secara langsung Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2023 di Kabupaten Musi Rawas. Workshop ini mengangkat tema “Meningkatkan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Desa yang Berkelanjutan” yang dilaksanakan di Auditorium Pemkab Musi Rawas, Jumat (10/3/2023).

Hj. Ratna Machmud dalam sambutannya mengatakan workshop ini sangat strategis dan penting dalam rangka meningkatkan kapasitas dan penyelarasan pemahaman antara pemangku kepentingan, stakeholder, dan pemerintah desa, khususnya terkait pengawasan penggunaan dana desa guna mewujudkan pengelolaan keuangan yang lebih transparan, akuntabel dan efektif, serta tertib dan disiplin anggaran.

“Melalui kegiatan ini, menjadi wadah dalam mewujudkan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembangunan desa sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Sehingga ke depan, 186 desa dalam Kabupaten Musi Rawas menjadi desa yang maju, mandiri dan bermartabat,” kata Bupati.

Lebih lanjut, Bupati mengingatkan pemerintah desa agar mampu memahami seluruh rangkaian kegiatan pengelolaan keuangan desa, mulai dari tahapan, perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, hingga pertanggung jawaban dengan tujuan percepatan, pertumbuhan, dan pembangunan desa serta peningkatan kesejahteraan kualitas hidup masyarakat desa.

“Kepada seluruh kades, karena bekerja dengan uang negara, maka harus dipertanggung jawabkan, melalui workshop ini para kades bisa memahami dan sangat berguna dalam pelaksanaan kepala desa di setiap desa masing-masing, untuk mewujudkan itu, maka segera menyusun langkah-langkah penyusunan dan penetapan kebijakan yang mengarah penguatan dan pemantapan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan desa, sebagai wujud daerah dalam upaya mendukung wujudnya visi dan misi Kabupaten Musi Rawas Mantab,” ucapnya.(red/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *