Asisten l dan Pejabat Pemkot Menghadiri Apel Kesiapsiagaan Penanganan Penanggulangan Karhutla

Daerah149 Dilihat

LUBUKLINGGAU-Jurnalissilampari.com-Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Lubuklinggau, Kahlan Bahar menghadiri apel kesiapsiagaan penanganan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Halaman Mapolres Lubuklinggau, Kamis (2/2/2023).

Upacara dipimpin Waka Polres Lubuklinggau, Kompol Asep Supriadi. Dalam amanatnya, Kompol Asep Supriadi mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo, bahwa semua pihak harus mengambil langkah strategis untuk mengantisipasi Karhutla tersebut.

Menurutnya, prioritas dalam upaya pencegahan Karhutla adalah melalui konsolidasi serta koordinasi secara baik, cari solusi permanen untuk mencegah Karhutla di tahun mendatang, infrastuktur monitoring dan pengawasan harus sampai ditingkat bawah dengan melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan lurah.

Selain itu sambung Waka Polres, melakukan penataan ekosistem, gambut dalam kawasan hidrologi harus menjamin ketersediaan air, tanggap dan segera antisipasi titik api kecil, penegakan hukum serta menindak secara tegas dan keras bagi siapapun yang melakukan Karhutla baik di konsesi perkebunan milik koorporasi maupun masyarakat.

“Perlu upaya konkrit dalam menghadapinya. Tak hanya menyiapkan berbagai peralatan antisipatif, kita juga perlu hadir ditengah masyarakat guna mengedukasi agar warga tidak membakar hutan dan lahan,” ujarnya.

Dikatakan pula, terlepas dari itu semua, saat ini semua pihak harus tetap siaga dari segala kemungkinan yang dapat terjadi, teruslah berdoa untuk Kota Lubuklinggau yang aman, sehat dan terhindar dari segala macam bencana.

“Semoga upaya yang kita lakukan ini memberikan kontribusi positif bagi penanggulangan bencana di Indonesia,” tandasnya.

Apel juga dihadiri Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Penyelamatan, dan Penanggulangan Bencana (DPKPPB), H Lutfi Ishak, Kadihub, H Abu Ja’at, Kasat Pol PP, Walyusman dan Kaban Kesbangpol Lubuklinggau, Firdaus Abky.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *